Part 1
Pencarian di google adalah sangat sederhana, anda cukup memasukan kata yang
ingin anda cari ke dalam textbox search google dan enter, google akan mencari page yang
sesuai dengan yang anda cari. Seperti apa pencarian yang baik atau dengan kata
lain bagaimana cara google menerjemahkan bahasa manusia kedalam query
pencarian?
1. Semua kata yang anda masukan kedalam textbox search google akan
digunakan untuk pencarian.
2. Pecarian google adalah case insensitive (tidak membedakan huruf kapital
atau tidak) jadi anda tidak perlu menuliskan “Barack Obama” untuk pencarian
“barack obama” karena dua frasa tersebut dianggap sama.
Tips untuk pencarian
yang lebih baik :
1. Sederhanakan keyword, Misalnya anda ingin mencari kantor google di jakarta. anda cukup
menggunakan keyword “google jakarta” tidak perlu anda menuliskan “dimanakah
letak kantor google di jakarta?”
2. Pikirkan bagaimana halaman yang anda ini cari ditulis didalam sebuah
konten. Search Engine bukanlah manusia, Search engine mencocokan apa yang anda cari dengan konten dari halaman yang
ada, Maka gunakanlah bahasa yang sering digunakan. misalnya : “mesin elektrik
pembuat kopi” diganti dengan “coffee maker”.
3. Jelaskan apa yang anda cari dengan syarat sedikit mungkin, misalnya :
“laporan cuaca di jakarta hari ini” gantilah dengan “cuaca jakarta”.
4. Pilihan kata penjelasan. Semakin unik kata penjelasan yang anda masukan,
Makin relevan hasil yang akan anda dapatkan. contoh untuk kata restoran,
masukan kata pejelasan sesuai yang anda maksud seperti restoran sunda, restoran
eropa, restoran vegetarian, dan sebagainya.
Pada umumnya pencarian dasar ini sudah cukup untuk menemukan page yang anda
cari, namun kadang anda memerlukan sesuatu yang lebih powerful.
Prioritas
Google mengenali prioritas pencarian, dengan menggunakan tanda “” misalanya anda ingin mencari dengan keyword :
biografi “barack obama”maka pencarian anda akan diprioritaskan pada “barack
obama”, namun hati-hati ketika menggunakan prioritas karena anda akan
mengabaikan hasil dari konten lain yang mungkin relevan dengan keyword anda,
Namun tidak sesuai dengan kata penegas/prioritas, dalam kasus ini misalnya
“barack husain obama”.
Pengkondisian terhadap kata yang tidak diginkan
Tanda minus (-) yang disisipkan di depan dari kata pencarian akan
mengexclude hasil dari pencarian yang mengandung kata tersebut misalnya,
“search engine -google” query ini berarti anda mencari search engine selain
google.
Part 2
Pencarian google part 2 membahas bagaimana membuat query dengan hasil
yang lebih spesifik, Jika di Part 1 kita membahas tentang : phrasa,
perioritas, dan pengecualian kata; kali ini kita akan membahas tentang
Asterik (*)
Misalkan kita ingin mencari konten yang relatif tentang informasi
indocomtech jakarta, jika kita menggunakan query ini : [indocomtech *
jakarta] maka, anda akan mendapatkan result tentang indocomtech
diselenggarakan di jakarta, dan sejenisnya.
Minus (-)
Bandingkan antara pengunaan query berikut ini, [sepeda fixie keren] dan
salah satunya video gaya keren sepeda fixie maka dengan query kedua lis
tersebut tidak tersaji.
Operarator OR, AND
Kusus untuk menggunakan operator google menerapkan case sensitive, jadi
akan menghasilkan informasi yang berbeda anatara kata kunci [uerope OR
america] dan [uerope or america] begitu juga dengan AND.
OR, digunakan untuk mencari kata yang relatif dengan kata kunci yang
dibandingkan dikeduanya anda bisa mencoba dengan kata kunci [study in
europe OR america] coba bandingankan dengan kata kunci [study in europe
kata yang menerangkan di belakangnya.
Tanda Baca / Punctuation
Tidak semua tanda baca diabaikan, misalkan: [C++], [C#] yang mana kedua
contoh tadi adalah nama dari bahasa pemrograman. Begitu juga dengan $
untuk menghasilkan pencarian lebih baik anda perlu mencantumkan $ untuk
pencarian yang mencantumkan harga. sebagai contoh adalah [notebook $500]
sesuai dalam penggunaanya misalkan : [quick_short] atau fungsi-fungsi
pemrograman yang banyak menggunakan tanda ini sebagai contoh :
[str_replace]
Kata yang biasa digunakan seperti a, an, the, for, who diabaikan oleh
dengan kata kunci [the who] sebuah group band, atau [WHO] organisasi
kesehatan PBB, atau [who is] yang merupakan website informasi domain.
Anda bisa menerapkan kombinasi pecarian tersebut untuk mendapatkan
hasil pencarian yang lebih relevan dengan informasi yang ingin ada
dapatkan
Part 3
Pencarian Google Part 3 membahas tentang Advance Operator atau Query
yang mempunyai makna khusus bagi google lebih dari sekedar basic
Link
Suatu saat anda ingin mengetahui dimana saja website anda di mention, atau
website mana saja yang mengandung alamat domain anda, maka query ini
semua website yang memuat http://www.aly.web.id.
Cache
Pencarian dengan menggunakan operator cache akan membantu anda untuk
mendapatkan informasi berdasarkan cache yang pernah dilakukan oleh
google terhadap website yang anda maksud ditambah dengan highlight terhadap
kata kunci yang anda masukan, serta versi text only
yang bisa membantu jika anda bermasalah dengan kecepatan internet.
contohnya sebagai berikut : [cache:www.aly.web.id video] query ini akan
menampilkan cache google terhadap domain http://www.aly.web.id dengan
highlight kata video.
Site
Site adalah operator yang sangat penting bagi semua orang, dengan
operator ini anda bisa menjelajahi sebuah alamat domain website dengan
kedalam query anda seperti berikut ini [SEO site:aly.web.id], query ini
jika diterjemahkan kedalam bahasa kita adalah cari halaman yang
mengandung kata SEO di website aly.web.id
Filetype
Bagi anda yang hobi mendownload komik, novel dalam format pdf, zip dan
lain-lain, Mungkin operator berikut ini sangat membantu, Caranya adalah
sebagai berikut : misalnya saya ingin mencari novel Sherlock Holmes
dalam format pdf maka saya dapat menggunakan query ini [sherlock holmes
filetype:pdf].
Define
berikut [define:motherboard] query ini berarti anda mencari definisi
dari kata motherboard, biasanya link pertama yang muncul adalah versi
wikipedia yang memang menjadi acuan standar.
Allintitle
Jika anda ingin berkonsentarsi melakukan pencarian berdasakan judul,
anda bisa menggunakan operator ini. Cara penggunaannya adalah sebagai
berikut [allintitle: teknik pencarian di google], maka hanya halaman
yang mempunyai judul yang relevan dengan kata kunci tersebut yang akan
ditampilkan oleh google.
Intitle
Sedikit berbeda dengan Allintitle, Intitle akan mencari kata kunci
belakang di dalam konten halaman, misalkan anda menggunakan query ini
[intitle:google search] maka pencarian akan menyajikan informasi tentang
halaman yang judulnya mengandung kata google dan konten yang berisi
search baik di judul maupun di konten.
Allinurl
Kenyataan ini menjelaskan pentingnya anda mempunyai clean url dalam
website anda, keuntungannya adalah halaman anda memungkinkan dicari
berdasarkan alamat url anda. Contoh berikut ini menjelaskan hal tersebut
akan mencari halaman website yang mempunyai url mirip dengan kata kunci.
Inurl
Mirip dengan cara kerja Intitle, namun Inurl melakukan pencarian
berdasarkan url dan relevansi konten berdasarkan kata kunci, sebagai
contoh query berikut ini [inurl:google search], maka google akan
melakukan pencarian berdasarkan url yang sesuai dengan kata kunci google
dan judul+konten yang memuat kata kunci search.
0 komentar:
Posting Komentar